Senin, 29 Maret 2010

komputer rakitan aja kayaknya, laptop ??hmmm...

Mungkin selama ini kita selalu beranggapan, bahkan dahulu orang selalu beranggapan komputer rakitan adalah komputer yang tidak terjamin kualitasnya, seperti sering hang, sering bermasalah, bahkan mengalami kerusakan yang ckup parah, lalu kemudian akan timbul anggapan lebih baik membeli komputer bermerk karena kualitas lebih baik dari komputer rakitan. Saat ini orang sudah mulai mengerti dan faham bahwa membeli komputer rakitan belum tentu kualitasnya jelek dibandingkan dengan komputer instan(terima jadi) bahkan komputer rakitan jelas lebih menguntungkan dari segi ekonomi dan lebih bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dan yang paling penting, bila ada masalah, hampir semua toko komputer dapat menanganinya, berbeda dengan komputer bermerk yang harus dibawa ke service center merk tersebut apabila ada masalah, belum lagi harus nunggu masa perbaikan, atau masa garansinya masih berlaku ap ga, kan lebih ribeet.tetapi yang paling terpenting yang harus diketahui adalah, komputer bermerk (sebagus apa pun merknya,mw samsul kek, atw si sony) bila kita tau pada dasarnya adalah yaa komputer rakitan juga. terkadang Si pemilik merk tidak membuat sendiri komponen2 yang terdapat pada komputer tersebut melainkan membeli dari produsen komponen atau toko komputer tapi kemudian dilabel dengan merk mereka(mw beli kualitas apa merk??).

-Cpu
pada dasarnya setiap komputer desktop, dari jaman baheula cpu berwujud kotak yang cukup besar (dan lumayan berat). karena didalam cpu terdapat komponen2 antara lain:
-processor: Ini adalah pusat atw "otak" dari sebuah komputer. Kecanggihan sebuah komputer ditentukan dari seberapa canggih processornya.
-Motherboard: seperti diketahui bentuknya yang seperti "papan" dengan banyak sekali komponen elektronik. Semua komponen yang terdapat dalam komputer akan terhubungkan ke motherboard ini.
-Memory: adalah tempat menyimpan sementara segala macam proses dan data. Kapasitasnya yaitu berupa satuan mega bytes atau giga bytes.
-selanjutnya Vga card: Komponen yang khusus mengolah tampilan grafis yang akan ditampilkan di layar monitor. Pada beberapa jenis motherboard, komponen ini sudah terintegrasi.
-Sound card: Komponen yang khusus mengolah suara yang akan diperdengarkan melalui external speaker atau headphone. Motherboard generasi sekarang biasanya sudah mengintegrasikan komponen ini.
-Hard disk: Merupakan media penyimpanan data secara permanen dan bisa kita akses kapan saja kita mau. Kapasitasnya dalam satuan giga bytes atau lebih.
-Optical drive: yang memiliki fungsi untuk membaca (dan pada beberapa jenis, juga untuk menyimpan) data dalam bentuk cd atau dvd.
-Power supply unit (psu). Ibarat jantung bagi tubuh kita. Komponen inilah yang memasok listrik ke semua komponen yang lain. Biasanya saat kita membeli casing (kotak) cpu, di dalamnya sudah terdapat psu ini.

Hal-hal yg perlu dipertimbangkan sebelum membeli perangkat komputer (terutama komputer desktop rakitan):
1. tentukan terlebih dahulu orientasi kita, untuk apa kebutuhan atau kegunaan dari komputer tersebut
2. Dana maksimal yang kita anggarkan untuk membeli komputer di toko komputer
kegunaan komputer
3. identifikasi dulu komputer yang akan kita beli akan dipakai untuk apa, atau untuk menjalankan aplikasi apa saja. Kegunaan ini akan menentukan spesifikasi komputer yang akan kita beli.
4. Dana maksimal yang kita anggarkan
setelah mengetahui untuk kebutuhan apa komputer kita gunakan, sekarang kita tentukan dana /anggaran untuk membeli komputer tersebut.
5. Jangan segan bertanya dan mencari informasi
ini adalah kunci agar tidak menyesal di kemudian hari pada saat kita memutuskan membeli komputer rakitan.

Punya dana lebih dan lagi cari-cari merk dan spesifikasi komputer yang ingin dibeli di Toko Komputer?

Pasti kalau yang tidak mengikuti perkembangan teknologi akan kesulitan sekali. Bukan berarti kalau nggak ngerti lalu nggak beli. Itu salah juga. Nanti gaptek lho..?

Kalau dana yang disediakan untuk beli komputer cukup besar, Anda tinggal pilih beli PC (komputer desktop) atau Laptop. Tapi jika punya dana yang pas-pas-an, taruhlah saat ini kita cuma punya budget 3 jutaan. Ya nggak akan mungkin ke beli Laptop. Kecuali Laptop seken, atau laptop yg ga tw gmana kualitasnya.

Misalnya saja, pilihan jatuh pada PC, kita masih harus memilih lagi. PC rakitan atau Branded (HP, Dell, Acer, LENOVO). Karena uang cuma tersedia 3 jutaan, pastilah pilihan jatuh pada PC rakitan.

Nah, ketika memilih spesifikasi PC rakitan di sebuah toko komputer, jangan sampai terkecoh pada harga murah(boleh murah, asal jangan murahan).

Ingat!! Kualitas berhubungan dengan HARGA!!..

Lihat jenis procesornya, Judul Penawaran tidak sesuai dengan Prosesor. Pertanyaannya, lho kok Intel Celeron?

Ingat lho Celeron dengan Pentium 4 itu jenis yang berbeda. Walaupun sama-sama produk dari Intel Corporate. Ya kalau memang dengan harga segitu kita dapatnya Intel Celeron, Ya jujurlah wahai toko komputer..

Ingat lagi..saat tulisan ini dibuat, Jenis Prosesor yang ada dipasaran adalah Intel Atom, Centrino, dual core, Core 2 Duo, Quad Core.

Selanjutnya tentang merk Motherboard, RAM dan monitor. Apa kita akan percaya dengan kualitas merek yang terasa aneh terdengar.

"TERMATON", "ZingZung", "Plagiatron"?!!?##@

Hah..merek apa tuh..?

Apa ikhlas mengeluarkan uang sebesar itu untuk merek yang rasanya aneh di telinga, yang kualitasnya aja mboh-mbohan.

Toko komputersebenarnya tak bermaksud menipu, wlwpun ada oknum2 yg pngan cpet kaya. tetapi kebanyakan hanya membantu kalangan awam untuk mempermudah memilih-milih komputer dengan cara mempersingkat judulnya. Soalnya kalau orang di tawari prosesor "CELERON", orang awam biasanya balik bertanya, "Celeron itu asli nggak Mas..?" Orang hanya tahu Pentium 1, 2, 3 dan 4.

Untuk pertimbangan merek, Kan kita bisa cari referensi dengan cara membeli tabloid komputer dulu, kira kira merek apa yang disarankan. Bisa dilihat di kolom iklan produk lho. Setelah itu baru kita membelinya di Toko Komputer

Untuk merek-merek kelas menengah sampai tingkat mahal, biasanya saya menggunakan merek umum seperti Asus atau Gigabyte.

Selain itu juga saya memilih pertimbangan Purna Servis/garansi. Walaupun berbeda 50 ribu atau 100 ribu, kalau nanti selama masa garansi PC saya mengalami kerusakan, garansinya mudah. Buat apa bela-bela’in harga murah, tapi susah dibelakang.

dftar kmputr rakitan dan spesipkasinya yang akan sy beli(klo ada uang), Informasi ini sy dapatkan dari teman di Mangga Dua Mall jakarta...
Paket Intel Dual Core
SPARE-PART DESKRIPSI
Intel LGA775 1 Dual Core E5400 Box (2.7 GHZ,800MHz FSB,2M Cache)
Mb Intel LGA 1 ECS G41T-M5 (IG41+ICH7,1333,775,DC D2 800/667,Vga Intel GMA X4500,Pci Ex,Audio 6 Ch,8xUsb)
Memory DDR2 1 VISI-ON 1Gb PC 6400
Harddisk 3.5Inch 1 WDC SATA II 160Gb 8Mb
Casing 1 Libera Mega Series 500W


Optical Drive 1 LG DVDRW Sata Box
Keyboard Mouse 1 Power Logic Keyboard+Mouse Optic Attrix 2000
LCD Monitor 1 LG 18.5 Inch W1953SE
SOFTWARE OS 1 MCAFFEE Virus Scan Plus 2010 3 User

insya Allah klo ga salah harganya sekitar Rp3.388.000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar