Senin, 15 Maret 2010

MOTIVASI

Mengapa kita perlu motivasi dalam hidup? Apapun yang Anda lakukan, Anda perbuat, jika hanya sekedar melakukan tanpa mengetahui tujuan ataupun maksud Anda melakukannya, pada akhirnya akan menjadi sesuatu yang sia-sia belaka. bila kita memikirkan cukup sederhana, kita perlu motivasi untuk melakukan banyak hal / perkara dalam hidup ini yang berarti baik bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Motivasi adalah burning desire atau, semangat atau dorongan yang memungkinkan kita melakukan hal-hal tersebut dan menuntun kita agar fokus ke tujuan. Orang yang tidak mempunyai motivasi dalam hidupnya adalah orang yang tidak akan melakukan banyak hal yang berarti dalam hidupnya. Bila saat ini Anda tidak tahu motivasi hidup Anda saat ini, sebaiknya Anda segera menemukannya kembali. Karena jika tidak, maka Anda akan menjadi orang-orang yang tertinggal dan tidak dapat menikmati hidup ini.

Motivasi pada dasarnya datang dari dalam diri kita masing-masing. Motivasi akan muncul ketika berhubungan dengan nilai-nilai kehidupan seperti keinginan, ambisi dan kebutuhan. Motivasi juga muncul dari pengalaman dan tantangan dalam hidup kita. Faktor lainnya yang juga turut membentuk motivasi kita berasal dari keluarga, teman dan lingkungan kita. Ketika Anda termotivasi ingin memiliki kehidupan finansial yang lebih baik, Anda akan bekerja dan berusaha lebih giat. Ketika Anda ditantang untuk membuktikan kemampuan Anda, Anda akan berusaha lebih keras agar mencapai prestasi yang lebih baik. Ketika keluarga Anda hidup dalam kekurangan, Anda termotivasi untuk mengubah kehidupan Anda agar dapat hidup lebih layak. Ketika teman-teman Anda memberikan dukungan, ketika Anda diberikan tepukan tangan yang meriah, di situlah Anda termotivasi untuk juga memberikan yang terbaik agat tidak mengecewakan orang lain. Dari hal-hal tersebutlah motivasi kita akan muncul ke permukaan.
Namun pada kenyataannya banyak faktor yang membuat kita kurang termotivasi dalam hidup ini. Banyak dari kita yang mungkin bosan dengan kehidupan kita yang begini-begini saja. Kita merasa jenuh karena harus berhadapan dengan rutinitas sehari-hari yang tidak ada habis-habisnya.
Mungkin banyak juga dari kita yang mengalami kegagalan dan putus asa sehingga merasa enggan untuk bangkit kembali karena trauma yang kita alami. Selain itu pengaruh buruk dari lingkungan juga turut ambil bagian dalam menghancurkan motivasi kita. Karena berada dalam lingkungan orang-orang yang selalu pesimis, negative thinking dan sejenisnya, secara perlahan-lahan motivasi kita diracuni oleh orang-orang tersebut. Hambatan lainnya adalah karena kita tidak pernah membuat rencana dalam hidup ini, atau kalaupun ada seringkali tidak mempunyai tujuan yang jelas dan tidak mungkin dicapai.
Memang harus diakui bahwa sulit bagi kita untuk dapat termotivasi setiap saat. Ada kalanya kita mengalami banyak kesulitan dalam hidup sehingga motivasi kita hilang untuk sesaat. Hidup ada pasang surutnya. Hidup bukanlah permasalahan berapa kali Anda gagal atau jatuh, tetapi sesungguhnya adalah permasalahan bagaimana Anda bangkit kembali di kala Anda jatuh.
Pada saat Anda jatuh, bangkitlah kembali dan temukan kembali motivasi hidup Anda. Ingat bahwa Anda punya impian dalam hidup ini. Jika Anda belum memiliki impian, buatlah! Jangan tunggu lagi! Impian Anda adalah motivasi hidup Anda. "The poorest man in the world is not he who is without a cent, but he who is without a dream." Anda tentukan ulang apa sebenarnya yang menjadi cita-cita Anda. Mau jadi apa Anda dalam 5 tahun mendatang, 10 tahun mendatang? Jangan khawatir mengenai posisi atau siapa Anda sekarang. Beranikan diri untuk membuat suatu target. "It does not matter who you are now, what matters is who you’ll be in the future." Tidak penting siapa Anda sekarang, yang penting adalah Anda siapa Anda di masa mendatang.
Juga tidak kalah penting adalah bagaimana Anda memandang diri Anda? Positif atau negatif? Bila Anda melihat diri Anda sebagai sosok yang lemah, jelek, minder, menyebalkan, dan lain sebagainya, seperti itulah Anda akan menjadi. Anda harus memiliki pikiran yang positif terhadap diri Anda sendiri. Jangan berharap orang akan melihat Anda secara positif apabila Anda sendiri belum melihatnya demikian. Anda harus membangun citra diri (self-image) yang baik. Yakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda adalah orang yang luar biasa dan mampu melakukan hal-hal yang luar biasa pula dalam hidup ini. "The time you change your mind, you change your life". Disinilah letak kekuatan pikiran. Anda bentuk sendiri pikiran Anda. Bila Anda berpikir positif maka bukan tidak mungkin bahwa akan banyak hal-hal yang positif terjadi pada diri Anda.
Bila Anda sudah memiliki impian dan citra diri yang mantap, tahap berikutnya adalah membuat perencanaan kapan Anda hendak mencapai cita-cita Anda. Visualisasikan dalam diri Anda seperti apa sukses yang akan Anda raih. Bayangkan bahwa Anda sudah berhasil mencapai cita-cita Anda dan betapa banyak kemajuan yang sudah Anda buat. Dengan demikian Anda akan berpacu dengan diri Anda sendiri. Anda tentukan sendiri target waktunya dan Anda ukur sendiri sejauh mana Anda berusaha mencapainya. Percaya pada diri Anda dan jujurlah pada diri Anda sendiri.
Dalam perjalanan mencapai impian Anda, apabila Anda mengalami kejenuhan, kembalilah mengingat goal atau cita-cita Anda. Ingatlah mengapa cita-cita tersebut penting untuk Anda. Biasanya hal ini akan kembali menguatkan Anda untuk tetap fokus pada tujuan Anda. Ciptakan antusiasme dalam hidup Anda. Siapkan diri Anda untuk menghadapi perubahan. Ubah kebiasaan lama Anda yang kurang efektif dengan hal-hal baru yang lebih bermanfaat. Galilah terus potensi diri Anda serta tantang diri Anda untuk menjadi lebih baik setiap hari. Kita dapat mulai dari hal-hal yang kecil. Seseorang tidak mungkin akan setia dalam perkara yang besar apabila dia tidak dapat setia dalam perkara yang kecil. Jangan mengabaikan hal-hal kecil yang dapat Anda capai. Umumnya jika Anda dapat berhasil dengan baik dalam menyelesaikan hal-hal yang kecil maka Anda biasanya akan termotivasi untuk melakukan hal-hal yang lebih besar.
Selain itu untuk tetap menjaga motivasi Anda, luangkan waktu untuk membaca buku-buku yang memberikan inspirasi bagi Anda, ikuti kisah-kisah mereka yang sudah sukses terlebih dahulu, pelajari bagaimana mereka mendaki puncak kesuksesan mereka. Temukan inspirasi dari kisah-kisah mereka. Apabila mereka mampu melakukannya, Anda pun pada dasarnya mampu untuk berbuat yang serupa

1 komentar:

  1. (7)semangad zach jik....motivasinya bagus banged!!!

    BalasHapus